Profil Aminah Cendrakasih, Pemeran Mak Nyak Si Doel yang Meninggal Dunia

Almarhum Aminah Cendrakasih. (Foto. Instagram @sidoelanaksekolahan/Suara.com)

Selebgram.net–   Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak di Si Doel Anak Sekolahan meninggal dunia hari ini, Rabu, 21 Desember 2022. Berikut profil pemeran Laila alias Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang dibintangi Rano Karno.

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang, Jawa Tengah 29, Januari 1938 atau berusia 84 tahun. Aminah dikenal sebagai aktris dan juga model pada masanya. Namanya mulai dikenal setelah membintangi film Serampang 12 tahun 1956 dan Asrama Dara tahun 1958.

Dilansir laman Wikipedia, sejak duduk di bangku sekolah di SKP, putri pasangan pelawak Husni Nagib dan artis Wolly Sutinah ini sudah mengenal dunia panggung. Dimulai dengan aktif di pentas sandiwara tahun 1955 sebagai pemain dan penyanyi.

Baca Juga  Biografi & Profil Erina Gudono, Calon Istri Kaesang Pangarep

Kemudian di tahun yang sama, ia mendapat kesempatan tampil dalam film Oh, Ibuku (Bagian I dari film Gadis Tiga Djaman yang bersambung ke Puteri Revolusi) produksi Garuda Film dan Semeru Film di bawah pengarahan sutradara Ali Yugo.

Sejalan dengan perkembangan pertelevisian Indonesia yang kian berkembang pada masa itu, Aminah ikut menyemarakkan kehadiran dunia sinetron. Salah satunya Rumah Masa Depan (1984-1985). Namanya melambung saat membintangi sinetron Si Doel Anak Sekolahan (1994-1997) yang disutradarai Rano Karno (merangkap sebagai produser dan pemain).

Aminah berperan sebagai Laila yang tak lain ibu dari Doel. Ia juga sempat beradu akting dengan almarhum Benyamen Sueb yang berperan sebagai Babe.

Baca Juga  Siapa Maxime Bouttier, Aktor Indonesia yang Bintangi Film Hollywood? Berikut Profilnya

Kiprahnya di dunia akting membuat Aminah menyabet sejumlah penghargaan yakni pada 2012 meraih Lifetime Achievement Award pada Festival Film Bandung dan tahun 2013 mendapat penghargaan serupa tetapi dalam ajang Indonesian Movie Actors Awards. Pada 2019 ia juga meraih Piala Maya pada kategori Penampilan Singkat nan Berkesan di Si Doel the Movie.

Sementara itu di luar kegiatannya di dunia film, ia aktif di organisasi HSBI dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Di LKB ia pernah menjabat Ketua I Divisi Kesenian. Selain itu Aminah juga menjabat Komisaris PT Jayanti Adhikara Sinema. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *