Sakit Kepala Sebelah? Berikut Cara Menghilangkan Migrain Secara Alami

migrain
Cara Hilangkan Migrain Secara Alami. (tribun/Selebriti.net)

Selebgram.net – Migrain membuat kepala terasa sakit. Terlebih lagi jika migrain datang secara tiba-tiba disaat yang tidak tepat. Ada beberapa cara hilangkan migrain tanpa obat yang bisa Anda lakukan.

Terkadang orang yang mengalami migrain ingin cepat-cepat menghilangkan rasa sakit tersebut agar bisa melakukan aktivitasnya dengan normal kembali. Namun, obat bukan satu-satunya jalan keluar untuk mengatasi migrain. Sebelum menenggak obat, ada baiknya jika Anda mencoba beberapa cara alternatif untuk mengatasinya.

Berikut beberapa cara hilangkan migrain tanpa obat yang bisa Anda coba, mengutip berbagai sumber.

1. Kompres Panas atau Dingin

Terapi suhu seperti kompres panas atau dingin dan mandi air hangat bisa membantu meredakan migrain. Mengutip She Knows, National Headache Foundation menyebut, es dan air panas bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Sebagian besar orang yang mengalami migrain memilih kompres dingin. Sedangkan kompres panas umumnya dipilih oleh mereka yang mengalami sakit kepala akibat ketegangan otot.

Baca Juga  4 Minuman Penambah Energi Penangkal Rasa Lelah

2. Minum Air Mineral

Dehidrasi kadang bisa memicu migrain. Mengganti cairan tubuh bisa membantu tubuh mendapatkan keseimbangan cairan dan elektrolit. Air putih ampuh dalam menggantikan cairan tubuh. Sulit membiasakan diri minum air putih? Mudah saja. Coba tambahkan irisan lemon atau jeruk nipis sehingga air terasa lebih enak dan menambah nutrisi. Selain itu, Anda juga disarankan untuk membatasi konsumsi kafein karena bisa menimbulkan dehidrasi jika diminum secara berlebih.

3. Tidur Cukup

Tak hanya mengantuk, bahaya kurang tidur atau kurang beristirahat yang mungkin mengintai Anda adalah mengalami sakit kepala migrain. Maka dari itu, tips untuk mengatasi migrain lainnya adalah tidur dengan waktu yang cukup. Namun, perlu diketahui pula, terlalu banyak tidur juga bisa memicu sakit kepala migrain. Jadi, pastikan Anda tidur dalam waktu yang cukup, tidak kurang dan lebih, dengan rentang waktu sekitar 7-9 jam. Anda pun sebaiknya menetapkan jam tidur yang teratur setiap harinya, bahkan pada akhir pekan, untuk mencegah migrain datang kembali.

Baca Juga  Ramalan Zodiak Hari Ini Selasa 13 Desember 2022, Perhatikan Peruntungan Cinta Libra

4. Menggunakan Minyak Esensial

Menggunakan minyak esensial untuk sakit kepala bisa menjadi cara untuk menyembuhkan migrain dengan cepat. Adapun minyak esensial yang diyakini ampuh mengatasi migrain adalah minyak lavender dan peppermint.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal European Neurology menyebutkan, menghirup minyak lavender efektif untuk menghilangkan serangan migrain akut dengan cepat. Tak hanya itu, minyak lavender juga bisa digunakan untuk menghilangkan stres, yang merupakan salah satu pemicu migrain.

Selain itu, menurut sebuah studi dari Shiraz University of Medical Sciences di Iran, mengoleskan minyak peppermint ke dahi dan pelipis juga efektif untuk meredakan nyeri dan mual akibat migrain. Mentol dalam minyak peppermint diyakini sebagai bahan aktif yang menimbulkan khasiat tersebut.

Baca Juga  Ini Makanan yang Bisa Bikin Perut Buncit, Kurangi Yuk!  

5. Pijat Akupresur

Cara terakhir hilangkan migrain tanpa obat yakni dengan akupresur. Akupresur adalah praktek pengobatan alternatif dengan menekan titik-titik tubuh tertentu dengan jari untuk menghilangkan rasa sakit.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan jurnal Pain Management Nursing pada 2014, akupresur efektif untuk mengatasi sakit kepala kronis. Penelitian terpisah lainnya juga mengatakan bahwa terapi pijat akupresur bisa menjadi cara alami mengatasi serta meredakan gejala penyerta migrain, seperti mual-muntah.

Anda bisa mempraktikkan sendiri pijat akupresur untuk migrain ini di rumah. Meski demikian, mendapat pijatan dari ahlinya tentu akan memperoleh manfaat yang maksimal.***

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *