Sering Sakit Kepala? Waspada Ini Penyebabnya

Ilustrasi sakit. (Pexel/Suara.com)

Selebgram.net–  Jika muncul sesekali, sakit kepala masih dianggap wajar. Kalau sakit kepala sering terjadi, kondisi ini bisa saja termasuk sakit kepala kronis atau menahun. Sakit kepala dianggap kronis berlangsung kalau lebih dari 15 hari dalam kurun waktu 3 bulan. Kondisi tersebut bisa saja disebabkan oleh penyakit serius dan perlu segera mendapatkan penanganan dokter. Oleh karena itu ketahui penyebab sakit kepala.

Nah, sakit kepala kronis dapat dibedakan menjadi sakit kepala primer dan sekunder. Sakit kepala primer lebih umum dialami oleh banyak orang. Kondisi ini dipicu oleh aktivitas tertentu, seperti kurang tidur, kurang asupan nutrisi, atau stres. Dengan memenuhi waktu tidur atau mencukupi asupan nutrisi gejala pun bisa mereda. Sakit kepala sekunder disebabkan oleh suatu penyakit. Seseorang yang menderita kondisi ini akan mengalami sakit kepala terus-menerus, bila penyakit yang menjadi penyebabnya tidak diobati. Mengutip Aladokter.com, berikut beberapa penyakit yang bisa menjadi peyebab sakit kepala:

Baca Juga  5 Kandungan Skincare yang Bagus untuk Wajah

Infeksi otak

Kondisi ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Ketika menyerang jaringan otak, mikroorganisme tersebut dapat memicu peradangan dan kerusakan pada otak sehingga menimbulkan rasa sakit di kepala dan disertai demam. Oleh karena itu infeksi otak bisa menyebabkan seseorang sering sakit kepala.

Cedera otak

Umumnya cedera otak terbagi menjadi nontraumatis dan traumatis. Cedera otak nontraumatis terjadi karena komplikasi dari tekanan darah tinggi maupun aneurisma. Cedera otak traumatis biasanya akibat kecelakaan lalu lintas, pukulan benda tumpul di kepala, maupun jatuh dari ketinggian. Kondisi ini bisa saja menimbulkan perdarahan dalam jaringan otak, sehingga meningkatkan tekanan intrakranial yang mengakibatkan sakit kepala kronis.

Baca Juga  Olahraga dalam Rumah saat Musim Hujan, Apa Saja?

Tumor otak

Keberadaan tumor bisa menekan jaringan otak, sehingga bisa jadi penyebab sakit kepala. Selain sering sakit kepala, tumor otak juga bisa menimbulkan gejala lain, tergantung area otak mana letak tumor itu berada. Beberapa gejala yang dapat terjadi meliputi kejang atau lumpuh pada salah satu sisi tubuh.

Peradangan pembuluh darah otak

Peradangan pada pembuluh darah di otak atau vaskulitis. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh penyakit autoimun yang dialami penderitanya. Vaskulitis bisa mengganggu aliran oksigen yang masuk ke otak, sehingga memengaruhi fungsi otak hingga akhirnya akan menimbulkan keluhan sakit kepala yang berlangsung lama.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *