Sosok Abdul Hamid alias Pak Ogah yang Meninggal Dunia di Usia 74 Tahun

Abdul Hamid, pengisi suara tokoh Pak Ogah. (YouTube/Edutainment Trans7 Official/Suara.com)

Selebgram.net–  Abdul Hamid bin Poerjono yang dikenal sebagai sosok Pak Ogah dalam serial boneka Si Unyil meninggal dunia, Rabu, 28 Desember 2022 sekitar pukul 19.30 WIB. Pak Ogah wafat di RS Kartika Husada, Bekasi, pada usia 74 tahun. Berikut profil Abdul Hamid alias Pak Ogah.

Abdul Hamid lahir pada 3 Desember 1948. Ia merupakan pengisi suara atau dubber sejak 1981 – 2022. Pak Ogah memiliki akun Instagram @pakogah_real.

Dalam serial “Si Unyil” (1981), Abdul Hamid telah mengisi suara untuk tiga karakter. Di ataranya yaitu: Penjahat, Pak Ogah, dan Melanie (perempuan Tionghoa dan teman Si Unyil).

Selama ini Abdul Hamid lebih dikenal sebagai Pak Ogah karena ia merupakan pengisi suara dari karakter tersebut dalam serial “Si Unyil”. Karakter tersebut sangat melekat bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, walaupun ia telah berpindah saluran televisi, tetapi Abdul Hamid tetap menjadi dubber untuk karakter Pak Ogah sampai tahun 2021.

Baca Juga  Sosok Sheezan Khan, Aktor India yang Terseret Kematian Tunisha Sharma

Melansir Suara.com, sejak awal 2022 kondisi kesehatan Abdul Hamid alias Pak Ogah mulai menurun. Kondisi perekonomiannya juga semakin menurun sehingga ia kesulitan untuk membayar biaya rumah sakit. Bahkan, untuk buang air kecil, almarhum Pak Ogah harus menggunakan popok. Sebulan terakhir sebelum meninggal dunia, ia sudah kehilangan nafsu makan sehingga membuat tubuhnya melemah.

Selama empat tahun terakhir Pak Ogah juga diketahui sering bolak-balik ke rumah sakit untuk berobat karena menderita penyumbatan darah di otak. Pak Ogah alias Abdul Hamid tutup usia pada Rabu, 28 Desember 2022.

Kepergian sosok legendaris penghibur anak-anak itu meningalkan duka mendalam bagi keluarga juga para fansnya.

Pak Ogah dikenal dengan beberapa jargonnya yang bahkan sampai sekarang masih kerap terdengar, seperti “bagi cepek dong” dan “ogah ah”.

Baca Juga  Heboh Kabar Steve Emmanuel Meninggal Dunia, Ini Faktanya

Di serial Si Unyil, Pak Ogah adalah sosok tunakarya yang malas dan sering nongkrong di pos ronda. Secara fisik, karakternya yang paling menonjol adalah berkepala plontos. Dia sering memakai kaos putih dengan outer kemeja warna krem dan celana hitam sebagai bawahannya. Selain pemalas, Pak Ogah juga selalu sial.

Sejak awal diciptakan oleh lulusan Seni Rupa ITB, Drs Suyadi, pada 5 April 1981, sosok Pak Ogah telah mewarnai serial Si Unyil yang tayang di TVRI. Sebagai informasi, Suyadi juga masuk sebagai salah satu tokoh dalam serial Si Unyil yaitu Pak Raden.

Serial Si Unyil kemudian diformat ulang pada era tahun 2000-an menjadi Laptop Si Unyil. Karakter Pak Ogah juga kerap hadir menemani petualangan Unyil pada acara tersebut.

Baca Juga  Profil Letitia Wright, Si Shuri di Film Black Panther Wakanda Forever

Sosok pemeran Pak Ogah telah menyusul Suyadi ke pangkuan Ilahi. Meski demikian, kenangan tak akan terlupa begitu saja, apalagi karakternya yang begitu legendaris hingga membuat semua orang mengingatnya. Selamat Jalan, Pak Ogah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *