Stop! Jangan Lakukan, Ini Bahaya Operasi Implan Payudara

operasi implan payudara
Bahaya Operasi Implan Payudara. (

Selebgram.net – Tidak sedikit wanita yang berusaha memperbesar payudara mereka dengan melakukan operasi.Namun, dibalik itu ada bahaya jika anda melakukan operasi implan payudara.

Sebelum melakukan prosedur ini, cari tahu dulu informasi seputar implan payudara, terutama bahayanya.

Operasi plastik implan payudara sebenarnya tidak hanya dilakukan untuk alasan kosmetik semata. Prosedur ini juga dapat dilakukan untuk para w CTanita yang telah melakukan operasi mastektomi (pengangkatan payudara) karena kanker payudara.

Bahaya melakukan operasi implan payudara dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Pasien dengan implan payudara juga akan sulit untuk melakukan pemeriksaan kanker payudara lewat mamogram. Meski demikian, dapat dilakukan pemeriksaan lain yaitu X-ray khusus.

Prosedur implan payudara juga memiliki risiko terjadinya beberapa komplikasi sebagai berikut:

Baca Juga  Ariel NOAH Beri Tanggapan Aksi Ray Prasetya Cium BCL, "Konsep Itu"

– Nyeri payudara

– Perubahan sensasi pada puting dan payudara

– Kesulitan menyusui

– Payudara kendor atau ptosis

– Terbentuknya jaringan parut (scar) di sekitar implan payudara dan pada luka operasi

– Jaringan di sekitar implan payudara mengeras

– Perdarahan

– Infeksi

– Masalah dengan hasil operasi, yaitu ukuran dan bentuk implan seperti tidak simetris

– Implan yang pecah dan bocor

Ketika gel salin pecah dan bocor, tubuh akan menyerap cairan garam tersebut. Payudara pun juga akan mengecil. Namun, ketika gel silikon pecah atau bocor, biasanya tidak akan menyebabkan gejala yang nyata atau disebut silent rupture.

Kondisi ini lebih berbahaya dibandingkan dengan cairan salin. Silikon yang keluar dapat menyebabkan benjolan di sekitar payudara, dinding dada, ketiak, tangan, bahkan perut.

Baca Juga  Ramalan Zodiak Cancer Hari Ini: Percintaanmu Semakin Harmonis

Ketika komplikasi terjadi, implan payudara harus dikeluarkan atau diganti dengan yang baru. Pasien dengan implan gel silikon harus melakukan pemeriksaan MRI selama 3 tahun setelah prosedur, dan setiap 2 tahun setelahnya untuk memeriksa adanya silent rupture.

Implan payudara bukanlah satu kali operasi dalam seumur hidup. Semakin lama implan ada di dalam payudara Anda, semakin tinggi kemungkinan adanya operasi ulang, dan semakin besar pula risiko komplikasinya.

Karena dampaknya bagi kesehatan tidak main-main, Anda diharuskan untuk berkonsultasi ke dokter ahli sebelum melakukan prosedur ini.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *