Sulit Mengontrol Nafsu Makan, Yuk Lakukan 6 Tips Berikut

Ilustrasi makanan.(Freepik/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net–  Sulit mengontrol nafsu makan berdampak negatif bagi kesehatan, terutama obesitas atau kegemukan yang menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit kronis yang berbahaya. Mengontrol nafsu makan bagi sebagian orang sulit dilakukan. Banyak faktor yang melatarbelakangi seperti stres, pola makan yang tidak teratur, gangguan makan, kurang tidur, hingga konsumsi obat-obatan tertentu. Dilansir YourSay.id dari malam Aladokter, berikut trik jitu mengontrol nafsu makan:

Jangan Lupakan Waktu Sarapan

Sarapan adalah waktu makan utama yang seringkali diabaikan. Padahal sarapan merupakan salah satu kunci untuk mengontrol nafsu makan agar kamu tidak kebablasan saat waktu makan siang nanti. Jadi selalu ingatkan dirimu untuk sarapan setiap hari tanpa harus menunggu waktu makan siang.

Jaga Pola Makan

Baca Juga  Jangan Diteruskan, Ini Bahaya Makan Mie Instan Setiap Hari

Ada dua waktu makan utama lainnya yang wajib kamu lakukan secara teratur setiap hari, yaitu waktu makan siang dan waktu makan malam.Tujuannnya agar nafsu makanmu juga dapat terkontrol. Sebuah studi dari British Journal of Nutrition menjelaskan seseorang yang menjaga pola makannya sebanyak 3 kali sehari akan terjaga rasa kenyangnya dan mengurangi nafsu makan berlebih daripada orang yang hanya makan sebanyak 2 kali sehari.

Cukupi Waktu Tidur

Waktu tidur yang cukup setiap harinya akan ikut membantu mengontrol nafsu makan seseorang. Mengapa demikian? Karena dengan tidur yang cukup akan menjaga keseimbangan hormon leptin dan gherlin yang bertugas untuk mengatur rasa lapar dan kenyang. Jika begadang dan mengabaikan waktu tidur malam, maka fungsi hormon ini akan ikut terganggu dan membuatmu merasa lapar ditengah malam yang akhinya akan memaksamu untuk kembali menyantap makanan.

Baca Juga  Cara Mengatasi Rasa Penyesalan dalam Diri, Apa Saja?

Berolahraga

Berolahraga juga menjadi salah satu cara untuk mengontrol nafsu makan dengan menurunkan kadar hormon ghrelin yang membuatmu merasa lapar. Selain itu olahraga juga akan meningkatkan hormon peptide YY, yakni hormon yang berfungsi untuk menekan nafsu makan. Kamu bisa mencoba berbagai jenis olahraga aerobik seperti bersepeda, joging, ataupun berenang.

Ubah Jenis Asupan Makananmu

Jenis makanan juga akan ikut mempengaruhi nafsu makan. Kamu bisa memilih jenis makanan yang kaya serat seperti buah dan sayur karena dapat membuatmu merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu kamu juga bisa memilih jenis makanan yang tinggi protein seperti telur, daging dan ikan dengan fungsi dan tujuan yang sama dengan makanan tinggi serat.

Baca Juga  Yuk, Perbaiki Fungsi Ginjal dengan 7 Makanan Ini

Akan tetapi untuk jenis makanan sumber protein, perhatikan pula kadar lemaknya. Misalnya daging ayam, akan lebih baik jika kamu memilih bagian dada ayam yang mempunyai kadar lemak lebih rendah dibanding bagian paha atau sayapnya.

Berfikir Sebelum Ingin Mengonsumsi Sesuatu

Tak jarang kita merasa ingin makan sesuatu pada kondisi tertentu. Kuncinya adalah dengan berfikir terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli dan menyantap makanan tersebut. Jangan terbujuk rayu hanya untuk kepuasan sesaat. Ingatlah tujuan awalmu untuk bisa mengontrol nafsu makan, dan bersikaplah konsisten dengan tujuan yang telah kamu tetapkan tersebut.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *