Tak Banyak Diketahui, Kaktus Punya Banyak Manfaat Loh!

Kaktus
Kaktus. (Bobo.id/Selebgram.net)

Selebgram.net – Kaktus termasuk jenis tanaman yang mengandung air di tubuhnya. Selama kemarau batangnya menyusut, sementara jika di musim penghujan batangnya membengkak karena terisi air.

Cactaceae jenis tanaman hias yang mudah perawatannya dan memiliki jenis serta bentuk yang bermacam-macam. Harga tanaman kaktus terbilang cukup mahal, karena bentuk, bunga, duri dan warna kaktus mempunyai nilai estetika tersendiri.

Kaya akan kandungan zat flavonoid dikenal sebagai antioksidan. Zat ini juga mempunyai peran dalam melawan karsinogen dan bersifat antikanker. Dengan jenisnya yang beragam, tentu manfaatnya juga bermacam.

Jenis opuntia, dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber pangan, bahan kosmetik, dan obat-obatan. Buah opuntia juga banyak diolah menjadi selai, sedangkan batang mudanya dapat digoreng, dikukus, dan diolah menjadi acar.

Baca Juga  5 Lagu Ikonik Piala Dunia Paling Fenomenal Sepanjang Masa

Berikut lima manfaat tanaman kaktus bagi kesehatan dikutip dari Yoursay, Sabtu 11 Juni 2022.

1. Pengisap racun

Zat mucilago mampu membersihkan air dari racun jenis arsenik. Yang mana jenis racun ini dapat menyebabkan kanker pada tubuh manusia. Bahkan, zat mucilago ini juga dapat membunuh bakteri yang ada di dalam air minum.

2. Penghalus kulit dan pencegah jerawat

Kandungan vitamin C pada kaktus mencapai 9,4 mili gram, sehingga bisa digunakan untuk menjaga kehalusan kulit dan mencegah tumbuhnya jerawat.

Di samping itu, manfaat lain untuk menambah darah, mencegah demam, penurun kadar kolesterol, dan penambah nafsu makan.

3. Bahan pemurni air

Di balik durinya yang tajam, ternyata kaktus banyak memberi manfaat kepada manusia. Salah satunya dapat memurnikan air, dengan cara merebus kaktus untuk memurnikan air sungai yang kotor sebelum diolah menjadi air minum.

Baca Juga  Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan Loh

4. Obat anti penuaan dini

Ppir berduri dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal untuk memperlambat penuaan dini dan membantu menjaga fungsi organ tubuh agar bekerja dengan normal.

Selain itu, berkhasiat untuk menyembuhkan luka dalam pada tubuh, menyingkirkan radikal bebas, dan menambah kekebalan tubuh.

5. Obat penyakit diabetes

Bagian pipih dari kaktus dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit diabetes. Lantaran zat pektin yang terkandung pada kaktus ini, ia bermanfaat secara efektif untuk menurunkan tingkat kolesterol dan menstabilkan kadar glukosa darah.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *