Tehindar dari Infeksi Jamur, Ini Cara Menjaga Kuku Tetap Sehat

Ilustrasi perawatan kuku. (Shutterstock/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net Berkat kemajuan teknologi, perawatan kuku yang dahulu hanya bisa dilakukan di salon atau gerai kecantikan kuku, kini bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, di sisi lain, hal ini dapat menimbulkan masalah baru yang harus dicermati. Produk dan alat-alat untuk merawat kuku berisiko menyebabkan kuku rusak atau tidak sehat bahkan terinfeksi jamur, jika Anda tidak menjaga kebersihannya dengan seksama. Dilansir laman Aladokter, berikut tips menjaga kuku tetap sehat.

Pertama gunting kuku secara teratur dan jaga agar kuku tidak terlalu panjang. Selain itu jangan malas mencuci tangan agar kuku terjaga kebersihannya. Keringkan dengan benar dan hindari kuku berada dalam kondisi lembap dalam waktu yang lama, terutama saat menggunakan kuku palsu.

Baca Juga  3 Produk Madame Gie Ditarik BPOM, Gisel Buka Suara

Apabila melakukan perawatan kuku di salon, pastikan alat perawatan kuku benar-benar bersih. Pastikan produk kecantikan yang digunakan belum memasuki masa kedaluarsa, saat Anda menggunakannya.

Jika perlu, bawa peralatan perawatan kuku sendiri saat ke salon, agar lebih terjamin kebersihannya. Pastikan produk kecantikan kuku disimpan dengan baik, tidak terkena cahaya matahari langsung, tidak lembap, kemasan tidak rusak.

Selain itu hindari menggunakan kuku palsu saat mengalami infeksi jamur kuku, sebab dapat memperburuk kondisi serta selalu gunakan sepatu atau alas kaki apabila berada di tempat umum seperti kolam renang dan tempat lainnya. Namun, sebaiknya hindari menggunakan sepatu yang sudah lama tidak terpakai.

Menjadikan kuku sebagai salah satu bagian tubuh yang cantik memang penting untuk menunjang penampilan. Namun, menjaga kesehatannya, jauh lebih penting. Karena itu, tetaplah merawat kuku dengan alasan kesehatan, bukan hanya kecantikan semata, agar kuku terbebas dari infeksi jamur.***

Baca Juga  Agar Tidur Nyenyak, Yuk Ikuti 6 Tips Ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *