Tidak Hanya Buahnya,Kulit Semangka Juga Memiliki Beragam Manfaat

kulit semangka
Manfaat Kulit Buah Semangka. (gitacinta/Selebgram.net)

Selebgram.net – Kebanyakan orang saat menkonsumsi buah semangka, pasti langsung membuang kulitnya. Namun ternyata, kulit semangka ternyata juga bisa dimakan, lho! Bahkan kulit buah semangka punya manfaat yang tidak kalah pentingnya dari bagian dagingnya.

Bagian terlezat dari buah semangka tentu terletak pada daging atau buahnya yang berwarna merah.

Meskipun Anda tidak mendapatkan makronutrien dalam jumlah besar, kulit semangka mampu memberikan dua persen kebutuhan vitamin C harian dan satu persen vitamin B6 yang dibutuhkan olah tubuh setiap harinya.

Jadi, kulit semangka sangat baik untuk kulit dan kekebalan tubuh Anda. Apa saja manfaat lainnya?

1. Meningkatkan libido

Kulit semangka memang bukan termasuk viagra atau obat kuat alami. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kulit semangka dapat membantu pria mengatasi masalah disfungsi ereksi ringan sampai sedang.

Baca Juga  Reunian, Cokelat Garap Karya Terbaru dengan Formasi Awal

Hal tersebut memberikan efek pada performa Anda di ranjang lebih terjaga dan tahan lama.

Untuk mendapatkan manfaat kulit semangka, cobalah memakannya bersama dengan jus lemon atau dengan memberikan bubuk cabai di atas kulit semangka. Kedua bahan tersebut juga baik untuk kesehatan jantung Anda.

2. Meningkatkan kebugaran saat berolahraga

Sebuah studi dari Universidad Politectica de Cartagena di Spanyol menguji manfaat semangka terhadap nyeri otot setelah olahraga. Peserta lalu diminta memilih antara jus semangka alami, jus semangka yang diperkaya citrulline, atau jus plasebo untuk dikonsumsi satu jam sebelum olahraga.

Baik jus semangka alami maupun yang diperkaya dengan tambahan citrulline memberikan efek perubahan pada laju detak jantung dan tingkat nyeri otot yang semakin menurun.

Baca Juga  Atta Halilintar Dilaporkan ke Bareskrim Polri, Terkait Penipuan Robot Trading Net89

Itu disebabkan karena kandungan citrulline semangka secara utuh dapat membantu meningkatkan aliran glukosa dalam otot rangka. Sehingga, kelelahan otot dan tingkat stres atlet cenderung menurun.

3. Membantu menurunkan tekanan darah

Bila Anda punya kondisi hipertensi, cobalah untuk memakan semangka temasuk kulitnya. Beberapa penelitian membuktikan suplemen ekstrak buah semangka dapat membantu mengendalikan tekanan darah pada orang dewasa yang obesitas.

Kandungan citrulline pada kulit semangka dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi lebih stabil.

Semangka juga berpotensi sebagai obat diuretik alias obat yang sering diresepkan untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

4. Menjaga Kesehatan kulit

Manfaat kulit semangka untuk kecantikan yang pertama adalah menjaga kesehatan kulit. Kulit semangka mengandung likopen, flavonoid, dan antioksidan yang dikenal dapat menurunkan efek radikal bebas dan stres oksidatif.

Baca Juga  Ini 4 Penyebab Bau Mulut di Pagi Hari

Ini juga meminimalkan munculnya noda, kerutan dan bintik-bintik penuaan yang terlihat seiring bertambahnya usia.

5. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Manfaat kulit semangka untuk kecantikan yang selanjutnya adalah meningkatkan pertumbuhan rambut. Arginine (asam amino) memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh, salah satunya adalah membantu sirkulasi darah di kulit kepala. Semangka secara alami mengandung banyak citrulline yang meningkatkan kadar arginin.

Oleh karena itu, kulit semangka memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

6. Mencegah Rambut Rontok

Manfaat kulit semangka untuk kecantikan yang selanjutnya adalah mencegah rambut rontok. Semangka mengandung banyak Vitamin C yang akan membantu tubuh menggunakan zat besi non-heme.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *