Tips Agar Buku Tidak Menguning dan Cepat Rusak

Buku
Merawat Buku Agar Awet. (kumparan/Selebgram.net)

Selebgram.net –  Salah satu masalah yang kerap menimpa buku yang sudah lapuk dimakan usia yaitu tampilan kertas yang mulai menguning. Bahkan, posisi buku pada saat menyimpannya juga perlu diperhatikan.

Ya, merawat buku memang susah-susah gampang. Kerusakan pada buku tentunya terjadi jika Anda tidak pernah membersihkannya dan tempat penyimpanannya yang kurang sesuai.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat buku agar awet dan tidak gampang rusak.

1. Beri sampul

Hal pertama yang harus dilakukan agar buku tetap awet dan tidak mudah rusak adalah dengan memberinya sampul. Kamu bisa menggunakan sampul plastik bening untuk buku-buku pelajaran yang sudah siap pakai, atau bisa juga menggunakan plastik meteran.

Baca Juga  Gegara "Miras Minuman Rasulullah", Komedian Sule Terseret Penistaan Agama

Selain menjaga agar buku awet, memberi sampul pada buku juga dapat membuat buku terlihat lebih rapi dan tidak mudah basah. Sampul buku dapat membuat buku nyaman untuk dilihat dan aman ketika dibaca.

2. Susun vertikal

Ketika menyusun buku di rak buku, usahakan untuk menyusunnya secara vertikal atau berdiri. Hal ini untuk menghindari kurangnya pasokan oksigen jika buku disusun dalam keadaan rebah atau horizontal.

Posisi horizontal juga dapat membuat buku rentan rusak karena beban yang berlebihan untuk buku yang berada di bagian bawah. Jamur dapat muncul jika buku berada pada keadaan lembab karena kurangnya pasokan oksigen.

3. Beri jarak

Ketika menyusun buku di rak buku, penting untuk memperhatikan jarak antara satu buku dengan buku lain. Bukan berarti disusun dengan jarak yang lebar, tetapi usahakan untuk tidak memaksakan buku berdesakan sampai tidak bisa digerakkan lagi.

Baca Juga  Gegara Udara Kotor Jakarta, Anak Nikita Willy Sempat Sakit

Hal ini untuk menghindari buku tergencet, sehingga buku masih bisa mendapat pasokan udara. Ingat, salah satu penyebab buku cepat menguning karena kurangnya pasokan udara.

4. Ganti sampul secara berkala

Sampul buku yang sudah usang harus segera diganti. Selain membuat buku terlihat lebih baru, mengganti sampul juga dapat mencegah munculnya jamur karena penggunaan sampul buku yang terlalu lama.

Penggantian sampul dapat dilakukan beberapa bulan sekali, atau ketika sampunya sudah terlihat terlalu kusam dan kucel.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *