Tips Cegah Penyakit di Musim Pancaroba, Yuk Lakukan!

Ilustrasi lelah. (Freepik/Yanalya/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net–  Penyakit yang muncul musim pancaroba atau pergantian musim dari kemarau ke musim penghujan bukanlah tanpa alasan. Pada kondisi cuaca yang cenderung lembap dan berubah-ubah, daya tahan tubuh bisa melemah sehingga virus dan bakteri mudah menyebabkan penyakit infeksi. Dilansir Aladokter.com, berikut tips mencegah penyakit di musim Pancaroba:

Menjaga kebersihan diri

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan hal yang penting dilakukan untuk mencegah penyebaran kuman penyebab penyakit, terutama di musim pancaroba. Dalam penerapannya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan di antaranya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin, bersihkan secara rutin barang atau perabot rumah tangga menggunakan disinfektan, hindari berbagi penggunaan barang pribadi dengan orang lain serta pakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Baca Juga  Rambut Bau saat Pakai Hijab Bikin Gak Pede? Ini Tips Atasi Rambut Bau saat Gunakan Hijab

Olahraga secara rutin

Olahraga secara rutin bisa memperkuat stamina dan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih kuat melawan infeksi virus maupun bakteri penyebab penyakit. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu berolahraga dengan intensitas sedang setidaknya 150 menit per minggu dan intensitas berat 75 menit per minggu. Misalnya olahraga ringan seperti jalan cepat, bersepeda santai, atau berenang sedangkan olahraga intensitas tinggi meliputi berlari, lompat tali, atau bersepeda cepat.

Tidur yang cukup

Untuk memperkuat imunitas tubuh dalam mencegah penyakit di musim pancaroba selanjutnya adalah tidur yang cukup. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mencukupi waktu tidur bisa memperkuat kekebalan alami tubuh. Bagi orang dewasa, waktu tidur yang dianjurkan adalah setidaknya 7 jam setiap malamnya. Jika Anda sulit tidur, cobalah ciptakan suasana tidur yang nyaman.

Baca Juga  5 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh, Kontrol Kolestrol

Mengelola stres dengan baik

Stres jangka panjang yang tak terkendali bisa meningkatkan peradangan dan gangguan fungsi sistem kekebalan tubuh. Itulah mengapa stres sebaiknya tidak dianggap remeh. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres, antara lain meditasi, olahraga, yoga, atau hobi.

Berhenti merokok dan membatasi minuman beralkohol

Untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dan batasi konsumsi minuman beralkohol. Kedua kebiasaan ini bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda dalam melawan infeksi. Tak hanya itu, merokok juga bisa memperburuk penyakit infeksi akibat virus maupun bakteri, seperti penyakit pneumonia, flu, dan TBC.

Konsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup

Baca Juga  Sakit Kepala Sebelah? Berikut Cara Menghilangkan Migrain Secara Alami

Mencukupi asupan nutrisi juga diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya di musim pancaroba. Perbanyaklah konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan untuk mencegah dehidrasi dan menguatkan kinerja organ-organ tubuh. Asupan cairan bisa dari minum air putih maupun jenis minuman lain, misalnya jus buah.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *