Tips Memakai Masker Wajah pada Kulit Berjerawat

Ilustrasi masker wajah (Foto: Pexels/Shiny Diamond/Suara.com)

Selebgram.net–  Saat kondisi wajah berjerawat memakai masker tetap bisa dilakukan. Gunakan masker khusus untuk kulit berjerawat. Efektivitas masker wajah jerawat bergantung pada bahan apa yang terkandung di dalam masker. Masker wajah yang dirancang dengan baik bisa membantu mengatasi jerawat. Berikut tips memakai masker wajah saat kulit berjerawat.

Produk masker biasanya berbahan dasar clay atau pelarut yang setelah dipakai harus dibersihkan dari wajah. Nah, kamu dapat menggunakan masker wajah saat berjerawat dengan mencari produk yang diformulasikan khusus dengan perawatan jerawat, seperti benzoil peroksida, asam salisilat, atau belerang. Ini berfungsi sebagai agen antibakteri. Sementara, asam salisilat adalah agen keratolitik yang mengangkat sel-sel kulit agar tidak dapat menutup pori-pori.

Baca Juga  Ngiler Bisa Bahaya? Ini Cara Mengurangi Ngiler saat Tidur

Kandungan lain di dalam masker untuk jerawat yang bisa kamu gunakan yaitu tea tree oil yang bermanfaat mengurangi peradangan jerawat.  Lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan sulfur yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Dikutip dari laman Klikdokter.com, berikut tips memakai masker saat berjerawat.

Pilih Masker Sesuai Jenis Kulit

Pemilihan masker wajah juga harus didasarkan pada jenis kulit. Misalnya, jika memiliki kulit kering, masker yang menghidrasi bisa menjadi pilihan yang baik.  Sebaliknya, jika memiliki kulit berminyak, pilihlah masker yang dapat menyegarkan kulit wajah.

Bersihkan Wajah Setelah Menggunakan Masker

Beberapa masker wajah memang dapat membantu membersihkan dan mencerahkan kulit. Pastikan untuk membersihkan kulit kamu terlebih dahulu dan mengeringkannya sebelum maskeran.  Bila tidak, kamu akan melapisi wajah yang kotor dan penuh bakteri dengan masker.

Baca Juga  Cara Mengatasi Rasa Penyesalan dalam Diri, Apa Saja?

Cuci Tangan Sebelum Menggunakan Masker

Membersihkan wajah sebelum menggunakan masker wajah sangat penting. Akan tetapi, tangan juga harus dalam kondisi bersih. Jika tidak, kamu akan memindahkan kotoran dan bakteri dari tangan ke wajah.

Oleskan Satu Lapis Masker Saja

Seperti banyak produk perawatan kulit lainnya, penggunaan masker wajah dilakukan sering dan dengan lapisan tipis saja. Lapisan super tebal tidak akan memberi hasil yang lebih efektif.  Biasanya, kamu hanya perlu mengoleskan satu lapisan merata pada kulit yang bersih dan kering.

Hindari Menggunakan Masker Terlalu Lama

Membiarkan masker menempel di wajah dalam waktu lama tidak menjamin hasil yang lebih efektif. Waktu yang dibutuhkan untuk aplikasi masker dapat dilihat pada petunjuk di kemasannya.***

Baca Juga  No Ribet-ribet, Ini 5 Tips Atasi Rambut Berminyak

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *