Waspada, Amoeba Pemakan Otak Picu Kematian

Ilustrasi amoeba (India Today/Suara.com)

Selebgram.net – Dunia kesehatan heboh dengan kabar Naegleria Fowleri atau amoeba pemakan otak yang telah menelan korban jiwa. Kekinian, seorang warga Korea Selatan dikabarkan meninggal dunia karena amoeba pemakan otak. 

Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) sebagaimana dilansir CNN Indonesia menyebut makhluk ini termasuk jenis Naegleria atau benda bersel yang hidup di alam bebas dan hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop.

Amobe pemakan otak ini biasanya ditemukan di air tawar yang hangat seperti danau, sungai, dan mata air panas serta tanah. Hanya satu spesies Naegleria yang menginfeksi manusia, yakni Naegleria Fowleri atau yang dikenal dengan amoeba pemakan otak.

Kondisi ideal baginya untuk tumbuh adalah pada suhu yang tinggi hingga 46 derajat Celcius. Naegleria fowleri menginfeksi orang ketika udara yang mengandung amoeba tersebut masuk ke tubuh melalui hidung. Ini biasanya terjadi saat orang berenang, menyelam, atau meletakkan kepala di bawah air tawar, seperti di danau dan sungai.

Baca Juga  Sinopsis Film Keramat 2: Caruban Larang, Jangan Nonton Sendirian!

Setelah masuk melalui hidung, amoeba berjalan ke otak dan menghancurkan jaringan otak dan menyebabkan infeksi yang menghancurkan yang disebut meningoensefalitis amebik primer (PAM) yang berakibat fatal pada korbannya.

Infeksi amuba pemakan otak ini pada gejala awal disebut mirip penyakit meningitis. Gejala pertama dari penyakit PAM yang diakibatkan naegleria fowleri berlangsung dari 1 sampai 12 hari sejak terinfeksi, tetapi biasanya berlangsung di hari kelima.

Gejala awalnya di antaranya sakit kepala, demam, mual, atau muntah. Kemudian gejala selanjutnya bisa berupa leher kaku, linglung, kurang perhatian pada orang dan lingkungan sekitar, kejang, halusinasi, dan koma.

Sebelumnya pengumuman seorang warga Korea Selatan dilaporkan tewas akibat serangan amoeba pemakan otak, pada Senin, 26 Desember 2022. Ini merupakan infeksi pertama amoeba mematikan itu di Negeri Ginseng. Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) memastikan bahwa seorang warga negara Korea meninggal dunia setelah kembali dari Thailand menginfeksi Naegleria Fowleri.

Baca Juga  6 Weton yang akan Mendapatkan Kekayaan di 2023 Menurut Primbon Jawa

Selain Korea Selatan, makhluk ini ternyata sudah menyerang negara-negara lain di dunia seperti Amerika Serikat (AS) dan Pakistan.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *