Waspada! Ini 3 Bahaya Konsumsi Daging Mentah

Daging Mentah
Daging Mentah. (Istimewa/Selebgram.net)

Selebgram.net – Daging ada banyak jenisnya, mulai dari daging sapi, unggas, dan juga hewan laut (seafood) mengandung protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, pernahkah kamu mencoba mengkonsumsi daging mentah?

Makan daging yang belum dimasak sering diolah menjadi beraneka ragam hidangan. Tapi, kamu harus waspada! Kamu harus memperhatikan tingkat kematangan daging sebelum mengkonsumsinya.

Bukannya dapat manfaatnya, malah nantinya akan membahayakan tubuh. Nah, berikut ini ada sejumlah bahaya dari konsumsi daging belum masak, yang dirangkum dari laman Alodokter.com :

1. Infeksi cacing pita

Bahaya pertama dari konsumsi daging yang belum masak adalah infeksi cacing pita atau taeniasis. Bahkan, cacing pita biasa ditemukan pada daging sapi dan daging babi yang masih mentah atau setengah matang.

Baca Juga  4 Shio Ini Bakal Tajir di Tahun Kelinci Air

Ada banyak gejala yang bisa ditimbulkan seperti mual dan muntah, demam, sakit perut, menurunnya nafsu makan, hingga penurunan berat badan.

2. Infeksi Escherichiacoli

Kamu harus tahu, kalau daging yang masih mentah belum matang sepenuhnya dapat mengandung berbagai jenis bakteri, salah satunya Escherichia coli. Kamu pasti mendengar istilah infeksi E.coli, infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri tersebut.

Biasanya gejala yang ditimbulkan oleh infeksi bakteri ini adalah diare, mual, muntah, kram perut, dan BAB berdarah.

3. Salmonellosis

Ini merupakan penyakit pada sistem pencernaan dan disebabkan oleh bakteri salmonella. Bakteri ini bisa ditemukan pada daging belum matang, telur mentah, dan susu yang pebul dipasteurisasi.

Baca Juga  Tuai Kritik, Jefri Nichol Tantang Rizky Billar Adu Tinju

Gejala yang ditimbulkan serupa dengan yang terjangkit infeksi E.coli.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *