Waspada! Jangan Minum Teh Saat Perut Kosong

teh
Teh. (Detik/Selebgram.net)

Selebgram.net – Teh memiliki kandungan antioksidan yang meningkatkan kekebalan dan metabolisme. Namun, minum teh dalam kondisi perut kosong justru bisa berdampak buruk.

Seperti dilansir dari PMJ, meminum teh saat perut kosong setiap pagi dapat mengganggu perut Anda atau memicu asam lambung dan merusak pencernaan.

Teh pagi dapat memengaruhi pencucian bakteri dari mulut ke usus, yang dapat mengganggu metabolisme dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Berikut empat efek samping minum teh saat perut kosong :

1. Sakit kepala

Anda mungkin minum secangkir teh untuk mengurangi sakit kepala Anda, tetapi itu mungkin akan menjadi sebaliknya karena adanya kafein dalam teh. Minum banyak air putih sebelum tidur dapat membantu mengatasi hal ini.

Baca Juga  Jangan Diabaikan! 5 Gejala Depresi yang Tidak Biasa

2. Gangguan Pencernaan dan Dehidrasi

Minum teh saat perut kosong dapat membentuk gas dalam sistem pencernaan. Teh bersifat diuretik yang menyebabkan Anda sering buang air kecil.

Jika tidak diisi ulang dengan sering hidrasi, dapat menyebabkan dehidrasi.

Tubuh Anda sudah mengalami dehidrasi karena jam tidur pada malam hari. Ketika Anda minum teh pada pagi hari segera setelah bangun tidur, itu menyebabkan dehidrasi.

Teofilin, zat kimia dalam teh, dapat memiliki efek dehidrasi pada koprolit, yang juga dapat menyebabkan konstipasi.

3. Menghambat Penyerapan Nutrisi

Teh memiliki unsur yang disebut tanin yang menghambat penyerapan zat besi dari makanan. Kafein juga dapat mengurangi penyerapan nutrisi.

Baca Juga  4 Tips Memperbaiki Kesehatan Mental, Berbicara dengan Orang Lain

4. Keasaman

Teh mengganggu asam basa cairan lambung Anda. Dengan refluks asam, Anda bisa merasakan mulas. Mulas adalah bagian dari reaksi teh asam di perut Anda.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *