Yuk, Perbaiki Fungsi Ginjal dengan 7 Makanan Ini

Ilustrasi bawang. (Pexels/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net–  Ginjal memiliki fungsi utama membuang limbah dari tubuh melalui urine. Ginjal juga bertugas menjaga keseimbangan mineral dan cairan dalam tubuh serta menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah. Saat kinerja ginjal menurun, limbah serta cairan dalam tubuh bisa menumpuk dan memicu kerusakan organ.

Nah, jika hal itu terjadi, maka penderitanya harus menjalani pengobatan tertentu dan menjaga asupan makanan sehari-hari. Meski tidak ada makanan khusus yang dapat memperbaiki fungsi ginjal secara langsung, setidaknya ada beberapa pilihan makanan yang baik untuk penderita penyakit ginjal. Dilansir dari laman Aladokter.com berikut daftar makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal:

Ikan

Ikan termasuk pilihan makanan yang baik untuk memperbaiki fungsi ginjal, terutama jenis ikan yang kaya asam lemak omega-3 serta rendah natrium, kalium, dan fosfor. Misalnya ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung, atau ikan sarden. Asam lemak omega-3 berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah pada penderita penyakit ginjal. Meski begitu, ikan sebaiknya dikonsumsi maksimal 2–3 kali seminggu.

Baca Juga  Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Akar Alang-alang

Dada ayam tanpa kulit

Dada ayam tanpa kulit dikenal sebagai salah satu asupan protein yang baik. Meski termasuk nutrisi yang perlu dibatasi oleh beberapa penderita penyakit ginjal, asupan protein yang cukup tetap penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, hindari pengolahan daging ayam dengan cara digoreng atau dipanggang, sebab bisa meningkatkan kadar natrium dan fosfor dalam tubuh.

Putih telur

Putih terlur termasuk pilihan makanan yang baik untuk memperbaiki fungsi ginjal. Makanan ini mengandung sumber protein berkualitas tinggi dan rendah kandungan fosfor, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita ginjal.

Buah tertentu

Ada beberapa pilihan buah yang tepat untuk penderita penyakit ginjal, di antaranya persik, nanas, apel, dan buah beri, termasuk bluberi, stroberi, dan rasberi. Buah-buahan di atas baik untuk menjaga fungsi ginjal karena mengandung vitamin, serat, dan antioksidan. Kandungan tersebut juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, menjaga tekanan darah, dan mempertahankan kadar gula darah tetap stabil karena memiliki indeks glikemik rendah.

Baca Juga  Anti Jerawat! Ini Cara Cuci Muka Kulit Berminyak  

Sayuran tertentu

Selain buah, ada juga beberapa pilihan sayuran yang diketahui baik untuk memperbaiki fungsi ginjal karena rendah kalium, fosfor, dan natrium. Sayuran yang dimaksud meliputi lobak, kubis, kembang kol, dan mentimun.

Bawang

Penderita penyakit ginjal sangat disarankan untuk membatasi asupan natrium atau garam. Sebagai gantinya, bisa menggunakan bawang untuk menambah cita rasa pada makanan, misalnya bawang putih atau bawang bombay.

Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber lemak sehat yang rendah kalium, natrium, dan bebas fosfor sehingga termasuk pilihan minyak yang tepat bagi penderita penyakit ginjal. Minyak ini juga cocok digunakan untuk memasak.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *